Tips Sederhana Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Baik

  • Bagikan
Mengelola Keuangan Rumah
Mengelola Keuangan Rumah

Masalah keuangan merupakan hal yang paling umum dialami oleh rumah tangga, apalagi di tahun pertama jalani kehidupan berumah tangga. Belum lagi sih kecil tidak lama lagi akan hadir di tengah-tengah Anda dan pasangan.

Apa benar masalahnya ada dari besar kecilnya pendapatan dalam berumah tangga? Sering sekali masalahnya bukan terletak pada penghasilan yang kurang, akan tetapi kebiasaan yang salah di dalam mengelola uang.

Tapi, Anda juga tak perlu terlalu khawatir, sebab pada kesempatan yang baik kali ini, kami akan mencoba berbagi tips sederhana untuk mengelola keuangan rumah tangga yang bisa Anda contoh.

Mengelola keuangan rumah tangga yang baik

Pahamilah portfolio keuangan rumah tangga

Jangan sampai Anda tidak tahu isi tabungan, jumlah tangihan telepon, listrik, belanja, dan lain-lain. Anda di sini waib tahu berapa hutang kartu kredit, cicilan mobil, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Simak Cara Mencegah Bocornya Keuangan Pribadi

Susunlah rencna keuangan

Rencana keuangan yang realistis ini akan membantu Anda untuk bersikap objektif mengenai pengeluaran yang berlebih. Tidak harus terlalu ideal, sehingga Anda bisa lupa akan kebutuhan diri sendiri. Tidak ada yang salah untuk memasukkan kebutuhan pergi ke tempat spa, salon, atau pun clubbing. Yang paling penting di sini adalah anggarkan jumlah yang realitsis serta Anda pun juga harus patuh pada anggaran tersebut.

Pikirkan antara butuh atau ingin

Tidak jarang juga Anda akan membelanjakan uang untuk hal yang tidak terlalu penting atau pun hanya didorong oleh keinginan, bukanlah kebutuhan. Buat daftar yang berupa tabel yang terdiri atas kolom untuk belanja, kebutuhan, dan juga keinginan. Setelah mengiris kolom item belanja, isi kolam kebutuhan dan juga keinginan dengan tanda cek (V). Nah, dari sinilah pertimbangkan yang lebih matang lagi benda atau pun hal yang harus dibeli atau pun tidak.

BACA JUGA  Biar Gak Salah, Pahami Dasar Keuangan Pribadi Berikut Ini

Hindarilah berhutang

Godaan untuk hidup yang lebih konsumtif akan semakin besar lagi, akan tetapi bukan berarti dengan mudahnya Anda akan membeli berbagai benda secara kredit. Tumbuhkanlah kebiasaan keuangan yang lebih sehat lagi mulai dari yang paling sederhana, seperti halnya tidak mempunyai hutan konsumtif. Dengan demikian, Anda pun tidak akan mengalami masalah keuangan dalam berumah tangga.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang tips sederhana mengelola keuangan rumah tangga yang baik. Semoga saja bisa bermanfaat dan juga menginspirasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *