Simak, Inilah 4 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Wanita

  • Bagikan
Manfaat Berenang bagi Wanita
Manfaat Berenang bagi Wanita

Beritasore.id –¬†Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik pria maupun wanita. Namun tahukah Anda jika ternyata dengan menjalani olahraga berenang akan memberikan dampak yang sangat baik bagi wanita? manfaat berenang bagi wanita cukup positif dalam segi kesehatan.

Untuk manfaat berenang bagi wanita sendiri sebenarnya hampir serupa dengan olahraga seperti: aerobik, lari serta bersepeda tetapi manfaatnya lebih spesifik. Selain untuk kesehatan, berenang juga sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Penampilan merupakan hal yang perlu diperhatikan, dengan jalan berenang maka akan ada keuntungan yang didapat, yakni dari segi kesehatan serta penampilan.

Berikut beberapa manfaat berenang bagi wanita dalam hal kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah osteoporosis

Bucknell University Athletic Departement, Amerika Serikat menyatakan jika guna memberikan pencegahan terhadap osteoporosis pada wanita, disarankan untuk melakukan olahraga renang, hal ini dikarenakan berenang dapat membantu menguatkan sendi-sendi tubuh sehingga meminimkan tulang menjadi lemah atau rapuh.

BACA JUGA  Cara Mudah Mencegah Penyakit Flu dan Demam

Alhasil osteoporosis pun dapat dihindari. Memang, beberapa penelitian mengemukakan jika wanita lebih rentan terkena risiko osteoporosis dibandingkan pria, maka dari itu manfaat berenang bagi wanita yang berikut ini perlu menjadi cambuk bagi Anda yang tetap ingin memiliki tulang sehat nan kuat di usia lanjut.

2. Mengurangi risiko kanker payudara

Cancer Research Center in Seattle, Amerika Serikat di tahun 2003 mengatakan, bahwa wanita yang melakukan olahraga renang dengan rutin 5 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 20%.

Tak hanya itu, berenang juga sangat disarankan bagi seorang wanita yang mempunyai riwayat kanker payudara, atau pun Mereka yang sedang menjalani terapi pergantian hormon. Manfaat berenang bagi wanita yang berikut ini sungguh sangat besar efeknya bagi kesehatan.

BACA JUGA  Cara Alami Menyerap Racun dalam Darah Menggunakan Bawang

3. Dapat menurunkan berat badan

Tentunya ini bukan rahasia umum lagi, jika olahraga renang dapat sangat efektif dalam membantu program penurunan berat badan. berenang selama 1 jam dapat menjadikan otot tubuh bekerja dengan baik, dan dapat membakar 500 lebih kalori dalam tubuh.

4. Dapat meniminalisir risiko diabetes

Manfaat berenang bagi wanita lainnya ialah dapat menurunkan risiko diabetes. Menurut penelitian dari University Maryland, Amerika Serikat tahun 2012 mengatakan jika kegiatan olahraga layaknya renang dapat mengendalikan atau mengontrol gula darah, sehingga bisa terhindar dari risiko diabetes tipe 2.

Manfaat berenang bagi wanita tersebut harusnya menjadikan Anda sadar bahwa berenang merupakan salah satu olahraga yang memiliki dampak baik bagi tubuh. Maka dari itu jangan pernah takut untuk mencoba mempelajari renang. Berenang juga merupakan cara yang efektif untuk menjaga berat badan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *