Pengen Cepat Menikah? Lakukan Strategi Kelola Keuangan Siapkan Pernikahan Berikut

Kelola Keuangan Siapkan Pernikahan
Kelola Keuangan Siapkan Pernikahan

Menikah merupakann momen bahagia dan yang paling ditunggu-tunggu bagi sih lajang untuk segera melepaskan masa lajangnya tersebut. Akan tetapi, ada PR nih yang harus dikerjakan oleh sih lajang tersebut sebelum akhirnya melangkah ke pelaminan.

Kira-kira apa saja? Beragam persyaratan seperti halnya sifiok, financial, dan juga psikis wajib dipersiapkan dengan sangat baik. Ini dikarenakan biaya untu melagsungkan sebuah pesta pernikahan yang meliputi pre wedding, wedding partu, dan lain-lain nantinya mempunyai jumlah yang tak sedikit.

Jadi, tidak heran bila pasangan sering sekali membuat sebuah perencanaan tabungan untuk menikah. Bagi Anda nih yang ingin segera menikah, berikut ini ada strategi untuk mengatur keuangan agar cepat menikah dengan uang Anda sendiri.

Ini strategis kelola keuangan agar cepat menikah

Buat kerangka konsep

Pada saat Anda membuat sebuah penelitian atau pun program, tentunya Anda akan menyusun sebuah kerangka konsepnya  terlebih dulu kan? Begitu pun mengenai pernikahan, Anda harus siapkan kerangka konsep mengenai pernikahan Anda tersebut, contohnya saja kapan rencana Anda akan menikah, tempat berlangsungnya sebuah perniakahn, berapa banyaknya undangan yanga akn disebar, biaya pre wedding, dan lain-lain. Lalu buat rincian biayanya. Dengan begitu pernikahan Anda akan jadi lebih terkonsep dengan matang.

Buat alokasi dana yang konsisten dan teratur

Kebutuhan biaya sebuah pesta pernikahan yang besar pastinya harus dipersiapkan sedini mungkin dan juga terencana dengan sangat baik. Alokasi dana yang teratur serta konsisten pastinya akan membantu untuk lebih cepat lagi di dalam mempersiapkan dana pesta pernikahan Anda. Contohnya saja Anda dengan pasangan menyisihkan dana sekitar 30 % dari gaji sebulan selama kurang lebih 1 tahunan. Maka dana yang didapatkannya tentu akan cukup besar untuk bisa mendanai sebagian biaya pesta pernikahan Anda.

Siapkan dana cicilan rumah tinggal

Pada saat Anda memutuskan untuk menikah, selayaknya Anda sudah mempersiapkan kebutuhan Anda dan juga pasangan di masa depan tanpa campur tangan orang tua. Contohnya saja membeli sebuah rumah tinggal sendiri. Mempunyai rumah sendiri atau pun setidaknya mengontrok memberi wewenang sendiri buat Anda dan juga pasangan. Silakan Anda siapkan saja dana cicilan rumah atau pun dana untuk sewa rumah sebelum memutuskan untuk menikah. Setidaknya Anad menyisihkan secara kontinu dari gaji bulanan Anda dan pasangan.

Tentukan cara membayar pernikahan Anda

Banyak pasangan berutang untuk membiayai hari besar mereka. Tetapi mengambil ribuan dolar dalam hutang pernikahan dapat menambah banyak tekanan pada pernikahan baru.

Anda harus membuat anggaran untuk pernikahan dan bulan madu yang membuat Anda bebas dari hutang (atau setidaknya dengan rencana untuk melunasinya dengan cepat). Apakah itu melibatkan penghematan dan penganggaran yang cermat, meminta bantuan dari anggota keluarga atau hanya melakukan perbuatan di gedung pengadilan tergantung pada rencana dan keinginan Anda dan pasangan.

Masih ada cara untuk memiliki pernikahan yang luar biasa dengan anggaran yang ketat. Anda dapat membuat daftar tamu tetap kecil, mencari katering makanan yang terjangkau atau meminjam halaman belakang teman untuk resepsi. Dalam jangka panjang, kenangan merayakan dengan teman dan keluarga mungkin akan mengalahkan tempat-tempat mahal, bunga-bunga mewah dan dekorasi mewah.

Tetapkan tujuan keuangan Anda

Setiap pasangan mungkin memiliki tujuan keuangan mereka sendiri, termasuk membeli rumah, memulai sebuah keluarga, membayar hutang, menabung untuk pensiun atau bepergian. Membahas tujuan-tujuan ini sebagai pasangan dan memilih mana yang menjadi fokus akan membantu Anda bekerja sama. Membangun masa depan membutuhkan perencanaan, pengorbanan, dan komitmen, jadi Anda berdua harus berada di halaman yang sama.

Jika Anda dan pasangan memiliki tujuan yang berbeda, Anda harus memprioritaskan apa yang penting. Tidak yakin apa yang harus Anda perjuangkan (atau bagaimana menuju ke sana)? Pertimbangkan untuk menyewa perencana keuangan untuk menganalisis keuangan Anda dan membantu Anda menyusun rencana.

Salah satu prioritas penting bagi pasangan mana pun adalah rencana tabungan darurat. Setiap pernikahan memiliki masa pasang surut, dan dana darurat dapat membantu Anda mengatasi masa-masa kesulitan keuangan. Membayar hutang dan menabung untuk masa pensiun adalah dua prioritas lain yang akan memberikan manfaat jangka panjang.

Lakukan inventarisasi keuangan

Bahkan jika Anda memutuskan untuk memisahkan uang Anda, ada baiknya Anda memiliki transparansi. Setiap pasangan harus melakukan inventarisasi lengkap tentang pendapatan, hutang, rekening pensiun, rekening bank, dan aset yang mereka bawa ke dalam pernikahan. Ini dapat membantu Anda berdua memahami apa yang Anda hadapi ketika Anda mengatakan “Saya bersedia.”

Mengetahui keuangan satu sama lain dapat membantu Anda membuat anggaran, mengatasi utang, dan mengejar tujuan keuangan Anda (beberapa pasangan memilih untuk membuat perjanjian pranikah untuk melindungi aset mereka, tetapi ada pro dan kontra untuk strategi ini).

Ada baiknya juga untuk mengetahui keadaan kredit pasangan Anda, terutama jika Anda dan pasangan bersama-sama mengajukan kartu kredit, KPR, kredit mobil dan produk keuangan lainnya. Jika kredit seseorang dalam kondisi buruk, Anda akan ingin bekerja membangunnya sebelum Anda mulai mengirimkan aplikasi.

Demikian sedikit ulasan tentang strategi kelola keuangan agar cepat menikah yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.