Mengenal Fungsi Penting Aplikasi PeduliLindungi

  • Bagikan
aplikasi pedulilindungi

Aplikasi PeduliLindungi merupakan platform yang dibuat guna memfasilitasi instansi terkait dalam upaya pelacakan yang tujuannya adalah  menghentikan makin berkembangnya virus COVID-19 di masyarakat. Aplikasi tersebut butuh peran serta masyarakat agar bisa saling berbagi data lokasi ketika melakukan perjalanan sehingga tracing riwayat kontak bisa dijalankan.

Pengguna aplikasi PeduliLindungi akan menerima peringatan bilamana mereka ada dalam keramaian atau ada di daerah merah dimana terdapat penderita COVID-19 positif atau pasien dalam pengawasan.

Jadi ketika pengguna mendownload aplikasi PeduliLindungi, maka otomatis sistem meminta persetujuan agar mengaktifkan fitur lokasi di ponsel yang digunakan. Bila fitur lokasi di perangkat aktif, otomatis secara periodik aplikasi mengidentifikasi lokasi pengguna lalu mengirimkan info berkenaan dengan kondisi keramaian ataupun zona penyebaran COVID-19 di lokasi tersebut.

BACA JUGA  Ragu dengan Produk Makanan dan Kosmetik yang Baru dibeli? Cek Dulu di BPOM Mobile

Perolehan pelacakan tersebut berguna dalam memfasilitasi instansi terkait dalam mengenali siapa saja yang harus memperoleh penanganan lanjutan dalam upaya menghambat laju penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, makin banyak peran serta masyarakat yang mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi, maka makin membantu pemerintah untuk keberhasilan tracing dan tracking.

Untuk diketahui bahwa aplikasi PeduliLindungi benar-benar menjaga data pribadi pengguna. Informasi pengguna ditempatkan dengan aman dengan tambahan enkripsi serta tak akan diberikan kepada orang lain. Data tersebut cuma akan dibuka jika pengguna berisiko tertular COVID-19 dan harus secepatnya dihubungi petugas kesehatan.

Agar bisa memakai aplikasi PeduliLindungi, masyarakat dipersilahkan membuat Akun kemudian ikut serta ke sistem contact tracing. Informasi pribadi yang diperlukan untuk membuat akun diantaranya : Nama Lengkap; Nomor hp; atau alamat e-mail. Aplikasi PeduliLindungi meminta ijin akses untuk menggunakan kamera, galeri dan dokumen ketika pengguna mendownload sertifikat vaksin, meng-upload dokumen untuk melengkapi data yang dibutuhkan untuk form Electronic-Health Alert Card (e-HAC).

BACA JUGA  Simak, Inilah 4 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Wanita

Aplikasi PeduliLindungi pun meminta persetujuan pengguna agar bisa membuka data hasil Contact Tracing untuk 14 hari terakhir yang ada dalam server PeduliLindungi. Informasi pribadi pengguna lain yang telah mengadakan kontak dengan pengguna untuk 14 hari terakhir selanjutnya diperlukan untuk data permulaan bagi instansi terkait ketika menjalankan tracing orang yang tertular virus Covid-19.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *