Cara Efektif Dalam Mengatur Managemen Keuangan Bagi Perantau

Managemen Keuangan Bagi Perantau
Managemen Keuangan Bagi Perantau

Mencari nafkah untuk keluarga terkadang mengharuskan Anda untuk bisa berkerja juah dari tempat Anda tinggal. Tuntutan tugas dari tempat Anda bekerja mungkin saja menjadikan Anda bekerja di luar kota, luar pulau atau bisa juga di luar negeri. Dalam kondisi yang seperti ini, sehingga mengharuskan Anda untuk lebih cermat lagi di dalam menyisihkan pengeluaran ganda, pertamanya adalah buat Anda sendiri dan yang kedua adalah untuk keluarga di rumah. Untuk itulah berikut ini kami informasikan tentang beberapa cara paling efektif di dalam mengatur managemen keuangan khususnya bagi Anda para perantau.

Cara mengatur managemen keuangan bagi perantau

Atur jadwal kepulangan

Jika memang Anda bekeerja di luar kota tentunya ada rasa rindu untuk bisa bertemu kembali dengan keluargaa, akan tetapi biaya pulang ke kampung halaman ini juga tidak sedikit, apalagi Anda masih harus naik pesawat terbang. Nah, agar nantinya biaya transportasi tidak membebani keuangan keluarga Anda, maka Anda harus bisa mengatur jadwal kepulangan, contohnya saja 1 hingga 2 bulan sekali.

Buat alokasi dana

Uang gaji bulanan Anda harus dihitung dan juga dibagi dengan baik. Contohnya saja untuk biaya hidup Anda dan dana hidup bagi keluarga Anda di rumah. Alokasi yang paling ideal untuk gaji bulanan ini adalah untuk dana social 5 %, dana darurat 10 %, biaya hidup pribadi dan keluarga 50 %, serta tabungan 10 %, serta investasi 15 % atau untuk bersenang-senang 10 %.

Catat semua pemasukan dan pengeluaran

Perlu Anda tahu bahwasannya mencatat semua pemasukan dan juga pengeluaran harus Anda lakukan juga. Pada saat gaji bulanan Anda terima, termasuk bonus atau pun uang lembur, maka catat di sebuah buku atau pun tabel. Buat tabel pengeluaran  di sebelahnya dan juga catatkan rencana pengeluaran atau pun uang yang sudah Anda keluarkan dengan detail dan jelas. Dalam edukasi keuangan yang telah dikelaurkan oleh Bank Indonesia, telah disebutkan bahwasannya hal tersebut sangat diperlukan sekali untuk lebih memudahkan Anda dalam hal mengatur keuangan di bulan berjalan atau pun di bulan yang berikutnya.

Buat anggaran

Menyiapkan anggaran untuk rumah tangga Anda adalah cara sederhana namun ampuh untuk melacak uang masuk dan keluar. Ini dapat membantu Anda melihat di area mana Anda menghabiskan lebih banyak atau lebih sedikit, dan juga membantu Anda melacak kemajuan Anda dalam menghemat uang.

Ada banyak template gratis untuk anggaran online. Yang ini direkomendasikan oleh Komisi Perdagangan Federal AS: Buat Anggaran – Lembar Kerja. Anda dapat mencetaknya dan mengisinya dengan tangan jika Anda lebih suka bekerja seperti itu. Jika Anda merasa nyaman menggunakan aplikasi untuk mengelola keuangan Anda, banyak bank dan perusahaan investasi menawarkan alat untuk membantu Anda melacak uang masuk/uang keluar dan tujuan keuangan Anda (ini sering diberi label “alat manajemen keuangan pribadi” saat mencari di Google).

Jika Anda mengirim uang ke luar negeri, penting untuk memasukkannya ke dalam anggaran bulanan Anda sehingga Anda menangkap semua dana yang keluar (bahkan jika Anda tidak menganggap mengirim uang ke keluarga sebagai “pengeluaran”).

Otomatiskan tabungan Anda

Membangun tabungan Anda tidak harus menjadi tugas. Sebagian besar bank dan aplikasi keuangan sekarang menawarkan fitur tabungan otomatis di mana Anda dapat menjadwalkan sejumlah uang tetap untuk ditransfer dari rekening giro Anda ke rekening tabungan Anda pada frekuensi yang ditentukan. Anda bisa mengaturnya dan melupakannya.

Jika Anda tidak memiliki rekening tabungan, membuka rekening dapat mempermudah pelacakan anggaran dan tabungan Anda. Akun murah atau gratis tersedia dari banyak institusi saat ini. Dan banyak yang akan membebaskan biaya pada rekening giro dan tabungan dasar jika Anda mengatur setoran berulang ke dalam rekening (untuk informasi lebih lanjut tentang membuka rekening bank, lihat bagian “Sumber Daya Tambahan” di akhir posting ini.)

Bersiaplah untuk hal yang tidak terduga

Dana darurat adalah bagian penting dari kesejahteraan finansial Anda karena membantu Anda bersiap untuk hal-hal yang tidak terduga. Kehilangan pendapatan sementara, masalah kesehatan, anggota keluarga dalam kesusahan — situasi ini menimpa kita semua pada satu titik atau lainnya. Anda mungkin menemukan diri Anda membutuhkan uang ekstra di saat-saat seperti ini. Jadi dana darurat dapat membantu Anda menangani situasi ini tanpa membuat rencana tabungan reguler Anda menjadi tidak seimbang.

Komisi Pendidikan dan Literasi Keuangan Federal AS menyarankan untuk menabung setidaknya untuk pengeluaran selama tiga bulan (untuk panduan lebih lanjut, lihat situs web Komisi Simpan dan Investasikan). Mungkin terasa menakutkan untuk memikirkan dana darurat selama pandemi saat ini, tetapi situasi ini menunjukkan betapa pentingnya menyisihkan uang untuk krisis yang tidak terduga. Bahkan jumlah kecil seperti $5 atau $10 seminggu dapat membantu Anda memulai.

Simpan sesuai dengan tujuan tertentu

Selain dana darurat, Anda mungkin ingin menyisihkan pot uang tertentu untuk tujuan seperti memulai bisnis, bepergian, atau bahkan apartemen baru. Akan sangat memotivasi untuk diingatkan akan tujuan-tujuan ini ketika Anda memeriksa kemajuan tabungan Anda.

Ini juga dapat membantu untuk memisahkan kebutuhan jangka pendek Anda dari tujuan jangka panjang Anda saat Anda merencanakan keuangan Anda. Banyak bank menawarkan fitur tabungan berbasis tujuan sebagai bagian dari rekening tabungan reguler mereka. Jelajahi apa yang ditawarkan bank atau lembaga keuangan Anda secara online atau dengan bankir di cabang.

Investasikan dana ekstra

Kami tidak akan membahas detail tentang berinvestasi di sini, karena itu adalah sesuatu yang hanya boleh dilakukan oleh penasihat investasi terdaftar. Tapi kami ingin mencatat bahwa, jika majikan Anda menawarkan rencana 401(k) dan mengatakan mereka akan cocok dengan kontribusi Anda (biasanya ini akan sampai dengan % dari gaji bulanan Anda), itu adalah uang ekstra majikan Anda bersedia memberikan Anda untuk investasi dan pasti layak dipertimbangkan.

Itu mungkin banyak yang harus dipertimbangkan. Tetapi sangat berharga untuk menginvestasikan waktu sekarang untuk menyiapkan diri Anda untuk kesejahteraan finansial di masa depan. Ini bukan sesuatu yang bisa dicapai dalam semalam — tetapi karena Anda sudah membuat keputusan untuk berimigrasi ke Amerika Serikat, Anda sudah tahu semua tentang kerja keras dan ketekunan.

Nah, itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang cara efektif dalam mengatur managemen keuangan bagi perantau. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.