Cara Efektif Dalam Mengatur Managemen Keuangan Bagi Perantau

  • Bagikan
Managemen Keuangan Bagi Perantau
Managemen Keuangan Bagi Perantau

Mencari nafkah untuk keluarga terkadang mengharuskan Anda untuk bisa berkerja juah dari tempat Anda tinggal. Tuntutan tugas dari tempat Anda bekerja mungkin saja menjadikan Anda bekerja di luar kota, luar pulau atau bisa juga di luar negeri. Dalam kondisi yang seperti ini, sehingga mengharuskan Anda untuk lebih cermat lagi di dalam menyisihkan pengeluaran ganda, pertamanya adalah buat Anda sendiri dan yang kedua adalah untuk keluarga di rumah. Untuk itulah berikut ini kami informasikan tentang beberapa cara paling efektif di dalam mengatur managemen keuangan khususnya bagi Anda para perantau.

Cara mengatur managemen keuangan bagi perantau

Atur jadwal kepulangan

Jika memang Anda bekeerja di luar kota tentunya ada rasa rindu untuk bisa bertemu kembali dengan keluargaa, akan tetapi biaya pulang ke kampung halaman ini juga tidak sedikit, apalagi Anda masih harus naik pesawat terbang. Nah, agar nantinya biaya transportasi tidak membebani keuangan keluarga Anda, maka Anda harus bisa mengatur jadwal kepulangan, contohnya saja 1 hingga 2 bulan sekali.

BACA JUGA  Ingat, Ini Jenis Pemborosan yang Wajib Dihindari

Buat alokasi dana

Uang gaji bulanan Anda harus dihitung dan juga dibagi dengan baik. Contohnya saja untuk biaya hidup Anda dan dana hidup bagi keluarga Anda di rumah. Alokasi yang paling ideal untuk gaji bulanan ini adalah untuk dana social 5 %, dana darurat 10 %, biaya hidup pribadi dan keluarga 50 %, serta tabungan 10 %, serta investasi 15 % atau untuk bersenang-senang 10 %.

Catat semua pemasukan dan pengeluaran

Perlu Anda tahu bahwasannya mencatat semua pemasukan dan juga pengeluaran harus Anda lakukan juga. Pada saat gaji bulanan Anda terima, termasuk bonus atau pun uang lembur, maka catat di sebuah buku atau pun tabel. Buat tabel pengeluaran  di sebelahnya dan juga catatkan rencana pengeluaran atau pun uang yang sudah Anda keluarkan dengan detail dan jelas. Dalam edukasi keuangan yang telah dikelaurkan oleh Bank Indonesia, telah disebutkan bahwasannya hal tersebut sangat diperlukan sekali untuk lebih memudahkan Anda dalam hal mengatur keuangan di bulan berjalan atau pun di bulan yang berikutnya.

BACA JUGA  Simak, Inilah Alasan Kenapa Dana Darurat Sangat Penting Bagi Anda

Nah, itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang cara efektif dalam mengatur managemen keuangan bagi perantau. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *