Biar Gak Salah, Pahami Dasar Keuangan Pribadi Berikut Ini

  • Bagikan
Dasar Keuangan Pribadi
Dasar Keuangan Pribadi

Setiap orang, termasuk Anda sendiri pastinya akan memiliki sebuah kebijakan masing-masing di dalam mengelola system keuangannya, yang mana hal tersebut akan sangat bergantung sekali pada pola piker dan gaya hidup yang dimiliki oleh orang itu sendiri.

Sukses atau pun tidaknya seseorang dalam hal mengelola keuanganya nanti akan mempengaruhi kualitas hidup dari orang tersebut secara keseluruhan. Walaupun sering Anda alami kesulitan di dalam mengatur dan menjalankan keuangan dengan sehat.

Dan biasanya kesalahan dalam pengelolahaan keuangan ini terjadi akibat dari kekurang pahaman Anda terhadap dasar-dasar keuangan yang harus Anda lakukan dalam keuangan Anda. Untuk itulah pahamilah dasar keuangan di bawah ini supaya bisa mengelola keuangan Anda dari masalah financial.

Dasar-dasar keuangan pribadi, Anda wajib tahu ini

Anggaran yang tepat

Semua lini keuangan Anda seharusnya dijalankan dengan sebuah anggaran keuangan yang baik, karena anggaran keuangan ini nantinya akan jadi acuan serta kebijakan Anda di dalam mengelola keuangan secara keseluruhan. Ini adalah dasar dari sukses atau pun tidaknya Anda di dalam mengatur keuangan, dimana Anda nantinya akan membuat, menyusun rencana pendapatan, serta pengeluaran secara menyeluruh.

BACA JUGA  Ingin Cepat Terbebas dari Hutang? Lakukan 3 Cara Ini

Tabungan

Rencana keuangan yang sehat pastinya harus mempunyai sebuah pos tabungan di setiap bulannya. Besaran tabungan yang Anda miliki tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah pendapatan serta kebutuhan pokok yang lain. Tapi, pada dasarnya ahli keuangan sarankan untuk mengisi pos ini dengan dana minimal 10 % dari pendapatan Anda di setiap bulannya.

Memperhitungkan depresiasi asset

Ketika Anda membeli sesuatum, maka penting sekali untuk memahami bahwasannya tak semua pembelian yang dilakukan adalah sebuah bentuk dari investasi, walaupun tindakan tersebut nantinya akan menambah asset yang Anda punya. Perlu Anda tahu bahwa ada 2 bentuk investasi yang biasanya Anda lakukan, yakni investasi bentuk asset yang bernilai, dan investasi bentuk asset terdepresi.

BACA JUGA  Tips Mudah Melakukan Penghematan Uang Agar Tidak Cepat Habis

Bekal pensiun

Pengelolaan keuangan yang sehat, haruslah memiliki sebuah pertimbangan dan persiapan yang cukup matang terhadap masa pensiun. Hal yang demikian ini dapat dilakukan dengan berinvestasi pada asset yang mempunyai nilai meningkat, seperti properti atau tanah, emas, atau tabungan pensiun. Jadikan hal tersebut sebagai salah satu point terpenting Anda dalam keuangan, supaya nanti Anda tidak alami masalah keuangan di masa tua.

Demikian informasi tentang dasar keuangan pribadi yang harus Anda tahu. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *