Biar Gak Menyesal, Pahami Managemen Keuangan Saat Masih Muda

  • Bagikan
Managemen Keuangan Saat Masih Muda
Managemen Keuangan Saat Masih Muda

Beritasore.id – Harga dari sebuah penundaan tersebut nantinya akan berakibat kepada strategi investasi yang jauh lebih aggressive, di mana pasti saja akan jadi lebih beresiko untuk terkenal fluktuasi pasar dalam jangka pendek yang bisa sebabkan hasil investasinya tergerus yang lebih banyak lagi.

Akan tetapi, bila dimulai sejak awal dengan strategi investasi yang lebih bijak lagi, maka perencaan pensiun dalam jangka panjang selain akan membuat para pekerja muda jadi lebih siap, juga akan lebih memperkuat fundamental ekonomi Negara secara keseluruhan.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips penting yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan keuangan di hari tua.

Baca Juga: Biar Gak Salah, Pahami Dasar Keuangan Pribadi Berikut Ini

Tips managemen keuangan untuk hari tua

Terapkan gaya hidup yang sederhana

Kuncinya di sini adalah hidup yang tidak lebih dari pendapatan bulanan Anda. Jangan boros dalam hal pengeluaran, sehingga jadi lebih besar dari pendapatan Anda. Carilah seorang perencaan keuangan yang sudah berpengalaman yang bisa membantu di dalam menghitung kebutuhan pensiun Anda serta menyusun strategi investasi yang baik. Usahakan Anda bisa menabung 3 hingga 10 % dari gaji bulanan Anda guna keperluan pensiun.

BACA JUGA  Simak, Inilah Alasan Kenapa Dana Darurat Sangat Penting Bagi Anda

Gendutkan terlebih dulu tabungan Anda

Mungkin saja yang satu ini terdengar seperti lagu lama, akan tetapi hal tersebut tetap merupakan kunci kesuksesan di dalam meraih kebebasn financial. Usahakan untuk selalu menabung walaupun hanya beberapa lembar uang saja. Para pekerja yang muda umumnya akan langsung terikat dengan pengeluaran yang banyak, seperti halnya membeli mobil, membeli rumah, dan lain-lain. caranya adalah dengan menabung terlebih dulu, barulah Anda bisa membelanjakan sisanya.

Dana darurat untuk keperluan darurat saja

Secara garis besarnya, dana darurat ini minimal 3 kali pengeluaran bulanan Anda bila single dan sebanyak 6 kali pengeluran bulanan Anda bila sudah menikah atau pun memiliki anak. Segera Anda sisihkan uang yang Anda peroleh di setiap bulannya saat masa-masa makmur, simpanlah ke dalam tabungan dengan bunga yang paling baik lalu tinggalkan. Uang tersebut merupakan parasut Anda dan nantinya akan menghindarkan Anda dari beberapa kebutuhan untuk berhutang atau pun mengganggu dana pensiun Anda saat keadaan sedang buruk.

BACA JUGA  Simak, Inilah Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Tidak Sehat di Usia 20an

Baca Juga: Cara Efektif Dalam Mengatur Managemen Keuangan Bagi Perantau

Demikianlah tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang tips managemen keuangan untuk usia muda. Semoga saja informasinya bisa bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *