Apa Itu Aplikasi Keluarga Sehat

  • Bagikan
aplikasi keluarga sehat

Aplikasi Keluarga Sehat merupakan platform yang difungsikan Kementerian Kesehatan dalam mendukung program Pemerintah Indonesia Sehat menggunakan Pendekatan Keluarga (PIS-PIK). Aplikasi ini dirilis Pusdatin (Pusat Data dan Informasi Kemenkes) tahun 2015 silam yang namanya Prokesga. Tujuannya yaitu menunjang pelayanan dan pendataan pasien.

Selanjutnya aplikasi Prokesga pun diganti namanya dengan aplikasi Keluarga Sehat setahun kemudian sampai saat ini. Aplikasi Keluarga Sehat adalah perwujudan kesungguhan pemerintah untuk menyediakan layanan kesehatan kepada warganegara di mana saja berada. Aplikasi tersebut didesain agar para surveyor kesehatan lebih mudah mengumpulkan data semua keluarga di seluruh pelosok Indonesia.

Termasuk hak setiap warganegara yaitu memperoleh layanan kesehatan  yang memadai. Aspek tersebut adalah bagian dari hak asasi manusia yang dengan jelas tertera dalam UUD 1945 Pasal 28 H ayat (1) yang menyebutkan jika tiap warganegara memiliki hak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan memperoleh lingkungan hidup yang baik dan sehat sekaligus berhak mendapatkan layanan kesehatan.

BACA JUGA  Simak, Inilah 4 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Wanita

Demi memfasilitasi hak warganegara tadi, Kementerian Kesehatan mengeluarkan sebuah program berjudul “Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS – PK). Guna mengimplementasikan program tersebut, Kemenkes harus melakukan pendataan setiap keluarga di Indonesia sampai di pelosok tanah air. Dalam upaya memfasilitasi langkah pendataan itu, dikeluarkanlah suatu sistem informasi yang dinamakan aplikasi Keluarga Sehat.

Aplikasi Keluarga Sehat sebagai sebuah perangkat lunak pendataan kesehatan yang telah terhubung ke data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang ditangani Disdukcapil. Dengan telah menyatunya data dalam sistem itu, pastinya akan menghasilkan prosedur pendataan akan makin efisien dan efektif.

Disediakan dua aplikasi yang bisa dijalankan dalam upaya mengakses aplikasi Kesehatan Keluarga. Pertama adalah dari situs resmi Keluarga Sehat dan kedua yaitu dengan aplikasi Keluarga Sehat yang bisa diunduh dari Google Play Store. Versi aplikasi tentunya lebih simpel untuk dioperasikan sebab pengguna tinggal mengakses aplikasi dari ponsel. Pada versi aplikasi Keluarga Sehat update 2020, disediakan 2 modul utama terdiri dari modul dashboard dan modul kuesioner.

BACA JUGA  Ragu dengan Produk Makanan dan Kosmetik yang Baru dibeli? Cek Dulu di BPOM Mobile

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *